Beberapa penanganan komputer yang mati sendiri

Menjawab dari beberapa komentar dan posting yang menanyakan :
1. tiba-tiba komputerku mati sendiri.
mungkin jawabanku ini bisa sedikit membantu, oke langsung aza ya :

Ada beberapa hal yang menyebabkan komputer mati :
a. Prosesosr kepanasan, Biasanya seh karena heatsinknya kotor, Kipas yang putaranya melambat (karena Kipas yang terkena debu, dan debunya menumpuk), grease yang udah lama nggak diganti. dari beberapa komputer yang saya tangani (hee heee? sok ahli ya :p )biasanya karena kipas yang melambat putarannya, Penangannya besihkan kipas, lepas heatsink, cari kuas yang bersih terus bersihkan heatsink sampai debu benar-benar hilang, setelah itu beri thermal grease yang baru dibawah heatsinknya. coba pasang lagi biasanya udah jalan kok. oh ya ! Untuk kipas yang melambat putaranya coba dibersihkan dengan kuas terus semprot tengah putaran kipasnya dengan Mechanic (banyak dibeli ditoko komputer. selamat mencoba !!
2. Monitorku mati, Komputer (CPUnya ) Nyala !
Sebenarnya postingu yang terdahulu sudah ada tentang ini silahkan baca disini, tapi ada penanganan yang lebih silahkan lihat tulisan saya dibawah ini:
btw dari beberapa komputer yang pernah saya tangani (kaya ahli aza ya ). komputer jenengan udah pernah di bersihin belum dalem nya, coz nurut saya itu masalah bukan berasal dari monitor tetapi dari cpu anda, coba jenengan buka cpu anda teruz bersihkan debu yang menepel terutama yang terdapat pada ram, terus nyalakan komputer anda bisa booting or jalan tidak jika tidak paz lagi nyala pegang heatsink di prosesor apakah panas or anda bisa lihat di bios anda yang letaknya di power management, apakah suhunya melebihi rata2 jika iya maka coba anda lepas heatsink anda dan oleskan termal grease yang baru terus bersihkan kipas dan heatsink anda, oh ya masalah komputer itu kebanyakan di ramnya karena jika komputer lama nggak dinyalakan biasanya nggak mau booting (kayak motor lah maz) harus rajin2 menyalakan setiap hari. saya pernah punya kasus dimana komputer teman saya nggak dinyalakan selama 3 bulan, teruz dia coba nyalakan ternyata tidak bisa, setelah saya lihat cuam kotor ramnya saja n berdebu, saya cuam bersihkan pake kuas terus saya semprot dengan mechanic (bukan iklan ya he3x), saya nyalakan eh jadi maz, udah banyak kasus komputer seperti ini yang saya tangani. btw itu saja saran dari saya ya maz jika mazalah di komputer jenengan belum bisa teratasi silahkan tanya lagi, mudah mudahan jika saya bisa akan saya jawab..

  1. Oke bro… Ntar aq coba…🙂

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: